Diberdayakan oleh Blogger.

Random Books

random/hot-posts

Tentang Kangluxmedia

Menyediakan materi pembelajaran gratis seputar Belajar Komputer, Belajar Desain, Belajar Internet, Tutorial Corel Draw, Tutorial Photoshop , Tutorial Blogger, Tutorial Power Point, serta berbagai informasi seputar teknologi.

Mythology & Fantasy

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Cookery & Recipe

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Educational

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Fiction & Non-Fictional

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comics & Graphic Novels

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Thriller & Mystery

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Tags

Categories

Who's Your Favourite Author?

Advertisement

40% Off
Third Author

Third Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

First Author

First Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Second Author

Second Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Sixth Author

Sixth Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Fourth Author

Fourth Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Facebook

Fifth Author

Fifth Author

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Memilih komputer grafis yang tepat

Banyak orang yang menafsirkan apasih komputer grafis itu? daripada bingung, nih aku jelaskan beberapa pengertian/ definisi grafis.
Ada beberapa definisi komputer grafis sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam grafika tersebut yaitu :
  • Komputer grafis digunakan untuk menampilakn dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter.
  • Komputer grafis digunakan untuk manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.
  • Komputer grafis adalah sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan computer. (Directionary).
  • Komputer grafis adalah gambar yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. (Marketing Term).
  • Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual. (Britannica).
  • Komputer grafis adalah suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar (image) komputer. (Science and Technology Encyclopedia).
  • Komputer grafis adalah pepindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. (Encyclopedia).
  • Komputer grafis adalah manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer. (WordNet).
  • Komputer grafis adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.
  • Komputer grafis: konversi informasi digital ke dalam format visual untuk ditampilkan pada terminal atau output pada printer
  • Penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual, atau sehingga dihasilkan gambar. Membuat komputer grafis memerlukan komputer digital untuk menyimpan dan memanipulasi gambar, tampilan layar, input / output, dan perangkat lunak khusus yang memungkinkan komputer digunakan untuk menggambar, warna, dan memanipulasi gambar sehingga dapat disimpan dalam memori. Format komputer grafis umum termasuk GIF dan JPEG, untuk gambar tunggal, dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe. Aplikasinya telah digunakan secara luas dalam bisnis, penelitian ilmiah, dan hiburan. Monitor melekat CAD / CAM telah menggantikan sistem penyusunan papan. Simulasi komputer ditampilkan secara grafis, dan telah menjadi studi ilmiah dan pengujian fenomena seperti reaksi nuklir dan kimia, interaksi gravitasi, dan sistem fisiologis.
  • Gambar dibuat dan dimanipulasi melalui penggunaan perangkat komputer. Istilah komputer grafis umumnya berkaitan dengan perangkat komputer atau program yang membuat komputer mampu menampilkan dan memanipulasi gambar. Sebagai contoh: printer laser dikatakan perangkat komputer grafis karena memungkinkan komputer untuk gambar output, layar monitor komputer dapat juga menampilkan gambar. Komputer grafis digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk penerbitan, pendidikan, hiburan, dan iklan, atau di mana pun gambar yang dianggap wajar atau diperlukan dalam penciptaan pesan. Mereka juga digunakan sangat efektif dalam situasi di mana ada kebutuhan data dihitung untuk divisualisasikan, seperti grafik statistik atau grafik data matematika. Kebanyakan komputer grafis dapat juga ditarik oleh seorang seniman, tetapi komputer dapat mencapai lebih banyak dalam waktu yang jauh lebih singkat. Salah satu manfaat utama dari grafis komputer adalah bahwa gambar dapat dimanipulasi dengan relatif mudah dan banyak efek visual yang mungkin karena gambar dapat dimainkan dengan lebih baik sampai pada efek yang diinginkan tercapai.

SPESIFIKASI KOMPUTER GRAFIS
  • 1. Motherboard 
Motherboard adalah inti dari sebuah komputer karena di papan pcb inilah segala pernak-pernik pendukung akselerasi komputer di tempelkan. Di motherboard disediakan sokot-soket tempat Memory (RAM), VGA, Prosesor di pasang. Disarankan agar memakai motherboard edisi khusus (limited edtion) karena daya tahannya jauh lebih baik dari motherboard mahal yang diproduksi massal.
  • 2. Prosesor
Dalam dunia grafis sebenarnya terbagi menjadi 2 kiblat, pengguna Intel dan AMD, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun selain prosesor element lain sebenarnya sangat menentukan performa PC seperti VGA, Memory, Power Suplay, dll. Ketidak seimbangan antara masing masing malah akan merusak performa PC itu sendiri, dan itu sering terjadi. Saya sendiri lebih memilih intel karena bandel dan tidak gampang panas, tentu saja performanya mesti di dukung dengan penggunaan VGA, Memory dan elemen pendukung lain yang cocok.
  • 3. RAM (Random Acces Memory)
RAM adalah tempat penyimpanan data sementara saat kita menjalankan komputer. Kita biasa mengenal RAM berdasarkan besaran kapasitasnya yaitu 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB. Namun jangan hanya melihat kapasitas penyimpanannya saja, tetapi soket yang tersedia di motherboard harus sesuai. Jangan sampai kita punya ram 16 GB DDR 2  tapi di motherboard hanya suport soket untuk DDR 3. ya gak bisa masuk..hehe
Windows yang dipakai juga mempengaruhi, seperti bila kita menggunakan Windows 32 bit, maka kapasitas memory yang dipakai hanya 3 GB. Bila di PC terpasang RAM 4 GB maka 1 GB akan mubazir karena tidak terpakai.
  • 4. VGA (Video Graphics Array)
Banyak yang menyalah artikan kapasitas grafis VGA sama dengan RAM, di besarnya kapasitas penyimpanan (GB). Tidak jarang banyak orang mencari VGA yang Giga-nya tinggi. Padahal kwalitas grafis sebuah VGA tergantung pada bit VGA. VGA 256 MB 256 bit jauh lebih bagus performanya dibanding VGA 1 GB 128 bit. Kalo gak percaya tanya tekhnisi komputer. Namun jelas, VGA dengan bit tinggi jauh lebih mahal dari VGA 'biasa'.
  • 5. Power Suplay (PSU)
Selain sebagai penghantar dan pembagi arus, PS yang berkwalitas juga memberikan kestabilan pada kinerja PC. Pada PS 'standar' nilai WATT yang ada kadang tidak murni (tertulis 450 W tapi sebenarnya hanya 250 W), dan seperti kita tahu, PSU membagi seluruh arus DC ke elemen-elemen yang membutuhkan daya seperti Hardisk, VGA, Prosesor, DVD RW, dll. Dengan menggunakan PSU yang biasa, kapasitas daya yang dimiliki dibagi secara proporsional, hingga performa PC yang di harapkan tidak maksimal.
  • 6. HDD (hardisk)
Hardisc adalah media penyimpanan berupa cakram padat (logam) dan kapasitas HDD-pun bervariasi. Yang beredar di pasaran sekarang adalah maksimal 2 Thera Bit (2 TB), semakin besar kapasitas penyimpanan adalah sangat bagus karena mendukung aktifitas desain yang filenya tergolong besar-besar. Namun harus diperhatikan chace dan Rpm (kecepatan putar) hardisk, di rekomendasi di atas 7200 Rpm. 
  • 7. Cooling Fan
Jangan dianggap remeh elemen yang satu ini. Saat mengerjakan desain grafis otomatis suhu komputer menjadi lebih tinggi, penggunaan kipas pendingin yang minim dapat mengakibatkan komputer berhenti mendadak (nge-hang). Penggunaan jenis dan jumlah pendingin yang tepat akan membuat komputer tetap dingin dan stabil. Bahkan banyak rekan-rekan yang menggunakan pendingin air (water cooler) untuk menghindari over hot pada PC
  • 8. Monitor
Nah, yang satu ini harus ada! wajib hukumnya. hehehe.. ya iyalah.. Tapi jangan asal, untuk desain usahakan untuk tidak menggunakan monitor LCD bila tidak didukung VGA yang bagus, karena tampilan gambar desain pada monitor LCD tidak mencerminkan warna asli (tingkat kesamaan di bawah 70%) sangat berbahaya bila kita bermain di warna-warna redup/muda. 
  • 9. Cassing
Ya, sesuaikan cassing yang sobat pakai dengan ukuran motherboard, Power Suplay dan VGA, karena kadang beberapa cassing standar ukurannya terlalu kecil untuk dipasangi motherboard limited. Selain itu, pilih cassing yang mempunyai ruang sirkulasi udara yang cukup, termasuk juga mempunyai titik-titik kipas pendingin yang cukup bervariasi (lebih dari 3 titik cooling fan). 
  • 10. Mouse
Jangan anggap remeh alat yang satu ini, walau hanya sebagai pheripheral, mouse adalah nyawa dari setiap pekerja desain grafis. Pemilihan mouse yang sesuai akan meningkatkan kwalitas desain. Jangan pakai mouse dengan tingkat DPi (Dot per Inch) rendah dibawah 800 Dpi. Gunakan mouse game yang mempunyai kerapatan Dpi cukup tinggi 3000 hingga 6000 Dpi. Penggunaan mouse game sangat membantu saat melakukan pemotongan foto, dll.
Begitulah gambaran besar yang harus diperhatikan. Jadi, dari paparan diatas untuk spesifikasi standar komputer grafis adalah sebagai berikut (versi mister ya.)
Komputer Grafis Standar
1. Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
2. Prosesor minimal Core i3. 2.7 sd 3.0 GHz
3. Ram minimal 2 GB
4. VGA minimal 1 GB 128 Bit
5. PSU 450 Watt
6. HDD 320 GB
7. Monitor 18" widescreen
8. Cassing Max Power
9. Mouse Minimal Logitec DZL-M-U0026(B) Ori atau mouse game
>>>> Anggaran sekitar 4 sd 5 juta

Komputer Grafis Premium
1. Motherboard dengan socket prosesor 1156 atau 1366
2. Prosesor minimal Core i5. 2.7 sd 3.0 GHz
3. Ram minimal 4 GB
4. VGA minimal 1 GB 128 Bit
5. PSU 450 Watt
6. HDD 500 GB
7. Monitor 18" widescreen
8. Cassing Simbaddsa SimCool Edition
9. Mouse E-Blue Cobra, Razer atau X-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.